Persepsi Orang Tua Terhadap Anak Yang Tidak Melanjutkan Pendidikan Ketingkat Sma

Deni Saepulloh, Hermi Yanzi, Yunisca Nurmalisa

Sari


The purpose of the research is to describe the perception of parents to children who do not continue high school education. The research used descriptive quantitative method with the subject of research are children who do not continue education because of lack of understanding about the importance of education. To collect this research data using questionnaire technique. Test of Reability using product moment and Sperman Brown formula.The result of this research is the perception of parents to children who do not continue their education at high school level, many parents are less understanding about education and etc.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi orangtua terhadap anak yang tidak melanjutkan pendidikan ketingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah anak anak yang tidak melanjutkan pendidikan karena kurangnya pemahaman tentang pentingnya pendidikan. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan teknik angket. Uji Reabilitas menggunakan rumus product moment dan Sperman Brown.Hasil penelitian ini adalah persepsi orangtua terhadap anak yang tidak melanjutkan pendidikan ketingkat SMA, banyak orang tua yang kurang paham tentang pendidikan dan lain-lain.

Kata kunci : orang tua, persepsi, sekolah menengah atas (SMA)


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmad. 2011. Pendidikan dasar pada anak. Jakarta. Trans Info Media.

Elizabeth B. Hurlock .Psikologi Perkembangan. Penerbit Erlangga 2011

Gunawan. 2011. Remaja dan Permasalahannya.Yogyakarta. Hanggar Kreator

Margono. 2010. Metodologi Pendidikan. Jakarta : RinekaCipta.

Mudyahardjo, Redja, Filsafat Ilmu Pendidikan; Suatu Pengantar, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001.

Mulyanto Sumardi. 1985. Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Jakarta, Rajawali

Nasution, Thamrin, dan Nurhalijah Nasution, 2005. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Jakarta :Gunung Mulia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Sekretariat Negara UU No. 3 Tahun 1997 Tentang Peradilan Anak

Sekretariat Negara UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Pengertian Anak


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.