Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Persepsi Orang Tua Terhadap Lulusan Perguruan Tinggi

Kurnia Nurkaromah, Berchah Pitoewas, Hermi Yanzi

Abstract


The purpose of this research to analyze and define the connection education level with perception parents to a graduate of a college in the village Gadingrejo Utara Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu .Research methodology used in this research descriptive correlational to the subject research parents were 84 people. Technique data collection use chief , interview , documentation and observation from the analysis data using chi square. The results of the study is that there the relationship between the education level with perception parents to a graduate of a college, that is, the number high levels of education the good old the perception of a graduate of a college, this is also in contrast when the lower levels of education the more bad the perception old to a graduate of a college.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan hubungan tingkat pendidikan dengan persepsi orang tua terhadap lulusan perguruan tinggi di Desa Gadingrejo Utara Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif korelasional dengan subyek penelitian orang tua berjumlah 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi dengan analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan persepsi orang tua terhadap lulusan perguruan tinggi, yaitu semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin baik persepsi orang tua terhadap lulusan perguruan tinggi, hal tersebut juga sebaliknya apabila semakin rendah tingkat pendidikan maka semakin buruk persepsi orang tua terhadap lulusan perguruan tinggi.

Kata kunci: lulusan perguruan tinggi, orang tua, persepsi, tingkat pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Kemdikbud (Pusat Bahasa). 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online/daring (dalam jaringan) dari http://kbbi.web.id diakses Oktober 2016.

Permatasari, Wira. 2016. Hubungan antara Berfikir Positif dan Efikasi Diri dengan Harapan Mahasiswa. (Skipsi). Universitas Islam Negeri Sulan Sarif Kasim Riau.

Pramita, Agita. 2008. Harapan (Hope) pada Remaja Penyandang Thalassaemia Mayor. (Skripsi). Universitas Indonesia.

Sarwono, W Sarlito. 2012. Pengantar Psikologi Umum. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Selameto. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Surahkkamat, Wiranto. 1980. Psikologi Pemula. Jenmart. Bandung.

Thoha, Miftah. 2011. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Widyastuti, Yeni. 2014. Psikologi Sosial. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Winarso, Untung Tri. 2008. Lingkungan. Insan Madani. Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.