PERANAN GURU DALAM PENUMBUHAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK DI SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG
Abstract
The aim of the research is to analyze and to indentify the role of teachers in developing students character at SMP Gajah Mada, Bandar Lampung Academic Year 2016/2017. The method used in the research was descriptive with quantitative approach, the subjects of the research were teachers and students. The collecting data used questionnaire, interview and documentation the test of credibility used percentage and chi square. The role of teachers affected in developing students character at SMP Gajah Mada, Bandar Lampung significantly gave a role . It can be seen from 66,66% respondents that indicated significantly gave a role. It means 33,34 % that has not optimized. The suggestion proposed, teachers should be able to optimize the role of teachers in developing students character.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan peranan guru dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik di SMP Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian guru dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas menggunakan persentase dan Chi Kuadrat. Peranan guru dalam penumbuhan budi pekerti di SMP Gajah Mada Bandar Lampung sangat berperan, dapat dilihat dari 66,66% dari jumlah responden termasuk sangat berperan, artinya masih ada 33,34% yang peranannya belum maksimal, saran yang diajukan seharusnya guru mampu memaksimalkan peranannya dalam penerapan penumbuhan budi pekerti bagi peserta didik.
Kata kunci: penumbuhan budi pekerti, peranan guru, peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Abdulsyani. 2007. Sosiologi Sistematika, Teori, dan Terapan. Jakarta. PT Bumi Aksara
Ahmadi, abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Bahri, Syaiful. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga (Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak). Jakarta. Rineka Cipta.
Depdikbud. 1994. Pedoman Analisis Hasil Evaluasi Belajar. Jakarta. Depdikbud.
Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Narwoko dan Suyanto, Bagong. 2011. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta. Kencana.
Permendikbud No 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta. Permendikbud
Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Edisi Baru Rajawali Pers.
Soetjipto dan Kosasi Raflis. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta. Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung. Alvabeta.CV
Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Surakarta.CV.ITA.
Undang-undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Surakarta.CV. ITA.
Zen. 2010. Peranan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.