EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI MATA PELAJARAN OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM PERBAIKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK

Imelda Imelda, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this research was to explain the effectiveness of subjects supervision implementation by supervision of school in pedagogical competence improvement in SMP Negeri 2 Bandar Lampung. The method in this research used descriptive method with quantitative approach. The sample in this researh consisted of 50 people. Data analysis was using Chi Square and data collection technique was using the questionnaire. The results showed that the subjects supervision implementation by supervision of school in pedagogical competence improvement of teachers in SMP Negeri 2 Bandar Lampung have already effectived. This showed that supervison of school has already done their job well in subjects supervision implementation of pedagogical competence improvement teachers in SMP Negeri 2 Bandar Lampung

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan efektivitas pelaksanaan supervisi mata pelajaran oleh pengawas sekolah dalam perbaikan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini 50 orang. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi mata pelajaran oleh pengawas sekolah dalam perbaikan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Bandar Lampung sudah efektif. Hal ini menunjukkan bahwa pengawas sekolah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam pelaksanakan supervisi mata pelajaran dalam perbaikan kompetensi pedagogik.

Kata kunci: kompetensi pedagogik, pengawas sekolah, supervisi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darajat, Zakiah. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Ilmu Aksara

Jones, Charles. 1994. Pengantar kebijakan Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.

Sergiovanni 1998. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online) http://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/ di akses 30 Mei 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.