PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PERKEMBANGAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK SMA YP UNILA

Febi Putri Nuri, Berchah Pitoewas, Hermi Yanzi

Sari


The purpose of this research was explain how the influence between extracurricular activities to the development of life skills students in SMA YP Unila Bandar Lampung. The method used in this research was descriptive quantitative method with sample of 40 respondents. The technique of collecting data using questionnaires and reliability test using the formula Product Moment and Spearman Brown, then the data were analyzed using Chi Square formula. Based on the survey results revealed that the influence was very strong and significant between extracurricular activities to the development of life skills of students. It means that, the better implementation of extracurricular activities, the life skills of students would be better too. In addition, the accompanying teacher competence, motivation from parents and motivation from students self also had influenced to the development of life skills of students.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimanakah pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap perkembangan life skills peserta didik di SMA YP Unila Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif dengan sampel 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan uji reliabilitas menggunakan rumus Product Moment dan Spearman Brown, kemudian data dianalisis menggunakan rumus Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya pengaruh sangat kuat dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap perkembangan life skills peserta didik. Artinya, semakin baik pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler maka life skills peserta didik akan semakin baik pula. Selain itu, kompetensi guru pendamping, motivasi dari orang tua dan motivasi dari dalam diri peserta didik juga berpengaruh terhadap perkembangan life skills peserta didik.

Kata kunci: kegiatan ekstrakurikuler, kecakapan hidup, peserta didik


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Gaung Persada Press

B. Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.