HUBUNGAN TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP PERSATUAN DAN KESATUAN TERHADAP SIKAP SOLIDARITAS SISWA

Rentika Oktapiani, Hermi Yanzi, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this research was to explain the correlation of understanding level of the unity concept towards students solidarity attitude at SMK 2 Mei Bandar Lampung in academic year 2015/2016. In this research, the writers used correlational descriptive. There were 49 respondents as the sample in this research. The writers used Chi Square formula as the data analysis. Based on the result of the research, it showed that there was a strong correlation between the understanding of unity concept towards students solidarity attitude at SMK 2 Mei Bandar Lampung. The result of the test indicated that t value ? t table (10.87? 9.49). It means that the better students understood the concept of unity, it will show that the level of solidarity attitude will better too.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimanakah hubungan tingkat pemahaman konsep persatuan dan kesatuan terhadap sikap solidaritas siswa SMK 2 Mei Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini 49 responden, analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang kuat, antara tingkat pemahaman konsep persatuan dan kesatuan terhadap sikap solidaritas siswa SMK 2 Mei Bandar Lampung dengan ditunjukkan hasil uji t hitung ? t tabel (10,87 ? 9,49). Artinya semakin baik pemahaman terhadap konsep persatuan dan kesatuan maka tingkat solidaritas yang ditunjukkkan siswa semakin baik.

Kata kunci: pemahaman, konsep persatuan dan kesatuan, sikap solidaritas.


Full Text:

PDF

References


Arif. 2006. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.

Azwar, S. 2007. Penyusunan Skala Psikolog. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, Saifuddin 2005. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta.

Maarat.1996. Sikap Manusia Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Gramedia Widia Pustaka Utama.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Poerwadarminta, Wjs. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sadirman, A.M. 2005. Interaksi &Motivasi Belajar. Jakarta: CV Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Syarbaini, Syahrial. 2010. Implementasi Pancasila Melalu Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL KULTUR DEMOKRASI

Diterbitkan oleh:

 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, Bandar Lampung
Homepage: http://pkn.fkip.unila.ac.id
E-mail: jkd.ppkn@fkip.unila.ac.id