PENGARUH EXPECTANCY DAN TASK VALUE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI AKUNTANSI

I Wayan Wendra Hermawan, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This research was motivated by founded many students of XI IPS SMA N 1 Seputih Mataram obtaining learning outcomes under a predetermined KKM standard. The purpose of this research is to determine the effect of expectancy and task value on learning outcomes of Economy in Accounting subject class XI IPS SMA Negeri 1 Seputih Mataram lessons year 2014/2015. The method used in this research is asosiatif research, with quantitative and survey approach. The Population amounted to 66 students, and by using T. Yamane formula abtained amount of samples by 57 students. Based on the analysis of data obtained as follows: (1) There was a positive and significant impact of expectancy on learning outcomes of Economy. (2) There was a positive and significant impact of task value on learning outcomes of Economy. (3) There was a positive and significant impact of expectancy and task value on learning outcomes of Economy.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya banyak siswa kelas XI IPS IPS SMA N 1 Seputih Mataram yang memperoleh hasil belajar di bawah standar KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh expectancy dan task value terhadap hasil belajar Ekonomi pada materi Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif dan survei. Populasi berjumlah 66 siswa, dan dengan menggunakan rumus T Yamane diperoleh jumlah sampel sebesar 57. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan expectancy terhadap hasil belajar Ekonomi. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan task value terhadap hasil belajar Ekonomi. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan expectancy dan task value terhadap hasil belajar Ekonomi.

Kata kunci: expectancy, task value, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Fitria, Dina. 2013. Buku Pintar Akuntansi untuk Orang Awam dan Pemula. Jakarta: Laskar Aksara.

Lisdiana, Tine. 2008. Studi deskriptif mengenai expectancytask value pada mahasiswa yang sedang menempuh mata Kuliah usulan penelitian di fakultas psikologi Universitas x Bandung. (Skripsi). Bandung: Universitas Kristen Maranatha. http://repository.maranatha.edu/6167/. Diakses pada tanggal 2 Februari 2015

Schunk, Dale H., Paul R. Pintrich dan Judith L. Meece. 2012. Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wati, Camelia. 2008. Studi deskriptif tentang expectancy dan task value pada siswa kelas akselerasi di SMAK x Bandung. (Skripsi). Bandung: Universitas Kristen Maranatha. http://repository.maranatha.edu/6646/ Diakses pada tanggal 2 Februari 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.