PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN DL DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI

Wingga Eka Pasera, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


This study examines the social studies learning outcomes comparison with method Inquiry and Discovery Learning (DL) with regard achievement motivation in studying in class VIII SMP Negeri 1 Banjit. The result of data analyzing showed: (1) there is a difference of students result study of social studies using Inquiry methods and DL methods, (2) there is a difference of students average result study for the students who have high and low achievement motivation, (3) students result study using DL are higher than Inquiry methods for the students who have high achievement motivation in learning, (4) students result study using DL are lower than Inquiry methods for the students who have low achievement motivation in learning, (5) there is an interaction between learning method and students achievement motivation to the students result study of social studies.

Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan metode Inquiry dan Discovery Learning (DL) dengan memperhatikan motivasi berprestasi kelas VIII SMP Negeri 1 Banjit. Hasil analisis (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Inquiry dan DL, (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan rendah, (3) hasil belajar menggunakan metode DL lebih tinggi dari pada metode inquiry untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, (4) hasil belajar siswa menggunakan metode DL lebih rendah dari pada metode Inquiry untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, (5) ada interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu.

Kata kunci : DL, hasil belajar, inquiry


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hamalik, B. Uno. 2001. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Aktif Dan Menyenngakan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B.2002. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta : Prestasi Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.