PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL NHT DAN MAKE A MATCH

Arif Budi Setiawan, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


This research is a comparative experiment with an approach that aims to identify differences in learning outcomes IPS Integrated using NHT and Make a Match. The study population was the entire eighth grade students of SMP Negeri 2 Way Kenanga Academic Year 2014/2015 amounted to 83 students. Samples were students of class VIII A and VIII B amounted to 56 students who are determined by cluster random sampling technique. The results showed: (1) the average of the results attitude domain of Integrated Social learning in students who use NHT higher than the Make a Match; (2) the average of the results cognitive domain of Integrated Social learning in students who use NHT higher than the Make a Match; (3) the average of the results skill domain of Integrated Social learning in students who use NHT higher than the Make a Match.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu menggunakan NHTdan Make a Macth dalam ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Way Kenanga Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 83 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B berjumlah 56 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu ranah sikap siswa yang pembelajarannya menggunakan NHT lebih tinggi dibandingkan Make a Macth; (2) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu ranah pengetahuan siswa yang pembelajarannya menggunakan NHT lebih tinggi dibandingkan Make a Macth; (3) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu ranah keterampilan siswa yang pembelajarannya menggunakan NHT lebih tinggi dibandingkan Make a Macth.

Kata kunci: hasil belajar, model make a match, model numbered heads together (nht)

Full Text:

PDF

References


Huda, M, dkk. 2013. Cooperatif Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Solihatin dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.23960/7597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto

slot88

slot raffi ahmad

manggatoto

manggatoto

artistoto

manggatoto

manggatoto

manggatoto

indo6d

manggatoto

manggatoto

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen

mancingduit

depobos

depobos

depobos

depobos

yowestogel

depobos

depobos

depobos

mancingduit