PENGARUH AKTIVITAS MAHASISWA DALAM BERORGANISASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (IP)

Joko Budianto, Yon Rizal, Nurdin Nurdin

Abstract


This study aimed to determine the relationship of student activity in the organization and discipline of learning to learning achievement (Great Point Academic) of students in the odd semester on student activity in Islamic Guidance and Counseling forum of Teacher Training and Education Faculty Lampung University year 2013/2014. This research used descriptive method verification with ex post facto approach and surveys. Probability sampling technique was used with Random Sampling using Cochran formula. To test the hypothesis, it was using Product Moment Correlation and Multiple. Based on analysis of data it obtained: (1) there is a relationship activity in organization with student learning achievement (Great Point Academic), (2) there is a relationship disciplinary learning with student learning achievement (Great Point Academic), (3) there is a relationship of the student activity in the organization and discipline learning with student learning achievement (Great Point Academic).

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan aktivitas mahasiswa dalam berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar (indeks prestasi) mahasiswa semester ganjil pada unit kegiatan mahasiswa forum pembinaan dan pengkajian islam fkip unila tahun periode 2013/2014. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik sampling dengan probability random sampling menggunakan rumus cochran. Untuk menguji hipotesis menggunakan Korelasi Product Moment dan Multiple . Berdasarkan analisis data diperoleh : (1) ada hubungan aktivitas mahasiswa dalam berorganisasi dengan prestasi belajar (indeks prestasi) , (2) ada hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar (indeks prestasi), (3) ada hubungan aktivitas mahasiswa dalam berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar (indeks prestasi ).

Kata kunci: aktivitas mahasiswa dalam berorganisasi, disiplin belajar, prestasi belajar (indeks prestasi)


Full Text:

PDF

References


Amelia , Dian Rahmawati, Dani Rasanzani. 2013. Hubungan antara keaktivan berorganisasi dengan prestasi belajar (indeks prestasi) mahasiswa fakultas ilmu keperawatan universitas Indonesia. Skripsi. Depok : Universitas Indonesia

Arnie, Fajar. 2009. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Raja Grafindo Persada

-------------------- 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin, Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tuu,Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Genesindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.