PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT DAN MEDIA GRAFIS

Tria Agustina, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The problem in this research lies in the lack of student learning outcomes in Integrated Social Science. This research aims to know the difference of learning outcomes and the effectiveness of the Integrated Social learning media between students of grade VII SMP Negeri 6 Bandar Lampung who are learned using Powerpoint media with Graphic media.This research was clasified as an experimental research with comparative approach. Population in this research are 472 students and samples 66 students (2 classes) taken by using cluster random sampling. Technique of data collecting using test. Data analysis technique using T-test Separated varians and the effectiveness of manual.The results of research showed: (1)The average of learning outcomes that is taught by using learning media of Powerpoint is higher than that is taught by using Graphic media. (2)There is difference of effectivity between learning media of Powerpoint with learning media of Graphic.

 

Masalah dalam penelitian ini terletak pada rendahnya hasil belajar IPS Terpadu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu dan efektivitas media pembelajaran antara siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bandar Lampung yang pembelajarannya menggunakan media Powerpoint dan media Grafis. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 472 siswa dan sampel 66 siswa (2 kelas) diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan T-Test Separated Varians dan efektivitas manual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan media Powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan media Grafis. (2) Ada perbedaan efektivitas penggunaan media pembelajaran Powerpoint dengan media pembelajaran Grafis.

 

Kata kunci : hasil belajar, grafis, powerpoint.


| Abstract views: 255 | PDF views: 61

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Depdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Asswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta.

Evita, Lia. 2010. Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu (Ekonomi) Siswa Yang Dibelajarkan Menggunakan Media Powerpoint Dengan Siswa Yang Dibelajarkan Tanpa Media Powerpoint Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Skripsi. FKIP, Universitas Lampung.

Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto. 2008. EvaluasiHasilBelajar. Yogyakarta :Pustaka Belajar.

Riyana, Ilyasih. 2008. Pemanfaatan OHP dan Presentasi dalam Pembelajaran. Cipta Agung : Jakarta.

Rizal, Yon. 2010. Modul Dasar-Dasar Pendidikan IPS. FKIP, Universitas Lampung.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Sumaatmaja. 2006. Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta : Depdiknas.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.