PENGARUH IQ, EQ, PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Purwati Yuni Rahayu, I Komang Winatha, Nurdin Nurdin

Abstract


The aim of this research was to find out the influence of Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), and students perceptions of utilization media on learning outcomes of Economy. The population of this research was the eleventh grade students of SMAN 1 Bandar Lampung and used simple random sampling technique to get the sample. Method of research was asosiatif and used questionnaire as instrument. Technique analysis used simple linier regression and multiple linier regression. The results of research showed, (1) there is an influence of IQ on Economy learning outcomes, (2) there is an influence of EQ on Economy learning outcomes, (3) there is an influence of students' perceptions of utilization of media on Economy learning outcomes, (4) there is an influence of IQ, EQ, and students' perceptions of utilization of media on Economy learning outcomes.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bandar Lampung dan menggunakan tehnik sampel acak sederhana untuk mendapatkan sampel. Metode penelitian adalah asosiatif dan menggunakan angket sebagai instrumen. Teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa, (1) Ada pengaruh IQ terhadap hasil belajar Ekonomi (2) Ada pengaruh EQ terhadap hasil belajar Ekonomi (3) Ada pengaruh Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi (4) Ada pengaruh IQ, EQ, dan Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi.

 

Kata kunci : EQ, hasil belajar, IQ, media.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. PT Grafindo Persada: Jakarta

B.Uno, Hamzah. 2007. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta : Putaka Idea

Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fahrurrozi. 2011. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XII IPS Semester Ganjil Di SMA PERSADA Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011 . Bandar Lampung, Skripsi Universitas Lampung

Goleman, Daniel. 2007. Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Jayanti, Dwi. 2010. Pengaruh Intelligence Quotient, Iklim Sekolah, dan Budaya Membaca Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pelakjaran 2009/2010. Bandar Lampung, Skripsi Universitas Lampung

Nuritawati, Putri. 2006. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan aktivitas berorganisasi dengan prestasi belajar siswa di MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2005/2006. Bandar Lampung, Skripsi Universitas Lampung

Rusman,Teddy. 2011. Statistik Penelitian Dengan SPSS: Bandar Lampung

Slameto, 2008. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.