PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ayu Wulan Sari, Raden Gunawan Sudarmanto, Nurdin nurdin

Abstract


This study have a purpose to know: 1) difference result of study IPS through cooperative learning Scaffolding (Team Games Tournament) with NHT (Number Head Together). 2) effectivity result of study IPS which using cooperative learning TGT more higher than NHT. This study used an experimental method with a comparative approach. Data collecting tool is in the form of a multiple choice test of 25 questions for 72 students. The results showed: a) there are differences in the results of IPS Terpadu learning through cooperative learning TGT (Team Games Tournament) model with NHT (Number Head Together). This is indicated by the obtained Sig. of 7,152 > 1,997. b) effectivity learning outcomes using cooperative learning type TGT (Team Games Tournament) more higher than NHT (Number Head Together). It is showes premises 17,69 > 7,87.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan NHT (Number Head Together). 2) efektivitas hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) lebih tinggi dibandingkan NHT (Number Head Together). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal kepada 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh Sig. sebesar 7,152 > 1,997. b) efektivitas hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT. Hal ini ditunjukkan dengan 17,69 > 7,87.

Kata kunci : hasil belajar, TGT, NHT.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, dan Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Cahya, Aviandri. Pengertian Strategi Menurut Para Ahli. http://kuliahpgsd.blogspot.com/2012/01/ pengertian-strategi menurut-para-ahli.html. 17 November 2011

Fitriani, I. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada SMPN 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/201. (Skripsi). FKIP UNILA. Bandar Lampung

Kagan. 2007. Numbered Heads Together (NHT). http://www.eazhull.org.uk/nlc/numbered_heads.htm.[5 Desember 2011]

Karwapi, M. 2012. Keunggulan dan Kelemahan Metode Ceramah dalam pembelajaran di kelas. http://karwapi.wordpress.com/2012/11/17/keunggulan-dan-kelemahan-metode-ceramah-dalam-pembelajaran-di-kelas/[3 Juni 2013]

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada

Slavin, Robert E. 2009. Pembelajaran kooperatif: teori, riset dan praktik. terjemahan Lita. Bandung. Nusa Media

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning:Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Winarti, 2005. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sukajaya Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2012/2013 Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.