PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TPS DAN TAI DENGAN MEMPERHATIKAN INTELEGENCE QUOTIENT

Wahyuni Kurniawati, Eddy Purnomo, Nurdin Nurdin

Abstract


This research aims to know difference of learning outcomes between students of grade X SMAN 1 Pringsewu who are learned using TPS and TAI model.This research was clasified as an experimental research with comparative approach.Population in this research is 107 students and samples 50 students(2 classes)were taken by using cluster random sampling.Data analysis technique using Anava two lines and t-test separated varians.The results of research showed:(1)There is difference in learning outcomes between students who are learning using TPS and TAI model.(2)The average in learning outcomes is taught using a model of learning TPS model is higher than that taught using the TAI model for students who have high IQ.(3)The average in learning outcomes is taught using a model of learning TAI model is lower than that taught using the TPS model for student who have low IQ.(4)There is no interaction between model of learning and IQ of students in learning outcomes.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu yang diajarkan menggunakan model TPS dan TAI. Metode yang diginakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa dan sampel 50 siswa (2 kelas) diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalan dan t-test separated varians.Hasil penelitian menunjukkan:(1)Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TPS dan TAI.(2)Rerata hasil belajar ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan model pembelajaran TAI bagi siswa yang memiliki IQ tinggi.(3)Rerata hasil belajar ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI lebih rendah dibandingkan yang diajar dengan model pembelajaran TPS bagi siswa yang memiliki IQ rendah.(4)Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan IQ siswa terhadap hasil belajar ekonomi.


Kata kunci: hasil belajar, iq, tai, tps.


| Abstract views: 141 | PDF views: 85

Full Text:

PDF

References


Anwar holil. 2008. Teori Vygotsky Tentang Pentingnya Strategi Belajar. http://anwarholil.blogspot.com/2008/. Diakses tanggal 16 Mei 2013

Baharudin dan Nur Wahyudi. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Ibrahim.2000.Model Pembelajaran Think Pair And Share. (http://www.eazhull.org.uk/nlc/think_pair_share_tps. Html). Diakses tgl 20 mei 2013

Sanjaya, Wina. 2004. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Slavin, E Robert. 2008. Psikologi Pendidikan. Teori Dan Praktek. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.