HUBUNGAN METODE MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR
Abstract
This study aim to determine the relationship of teaching methods of teachers and learning environment at school on students achievement of economics in class XI IPS of SMAN 1 Natar academic year 2012/2013. The method used descriptive associative with an ex post facto approach and surveys. Sampling is a probability sampling using the formula of T. Yamane. In order to test hypothesis, it uses product moment correlation and multiple. Based on the analysis of the data, it obtained: (1) There is a relationship between teaching methods of teachers and students achievement; (2) There is a relationship between learning environment in school and students achievement; (3) There is a relationship between teaching methods of teachers and learning environment in school on students achievement of economics on students achievement.
Penelitian bertujuan mengetahui hubungan metode mengajar guru dan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Natar Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian menggunakan deskriptif asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik sampling probability sampling menggunakan rumus T. Yamane. Untuk menguji hipotesis, menggunakan korelasi product moment dan multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Ada hubungan metode mengajar guru dengan hasil belajar; (2) Ada hubungan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar; (3) Ada hubungan metode mengajar guru dan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar.
Kata kunci: hasil belajar, lingkungan belajar , metode mengajar.
Full Text:
PDFReferences
A.M., Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
A.M., Sardiman.. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2003. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tu’u,Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Genesindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4197
Refbacks
- There are currently no refbacks.