PENGARUH PERSEPSI TENTANG METODE MENGAJAR, DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR

Kiki Zesica Devi, I Komang Winatha, Yon Rizal

Abstract


This research was aimed at finding the influence of student’s perception about teacher’s teaching method, learning dicipline, and high achievement motivation towards the result of IPS Terpadu education. The method of this research used verificative descriptive method by using ex post facto and survey approach. The population of this study consists of 91 students. Based on the data analysis of the research result that showed: (1) there was an influence of students’s perception about teacher’s teaching method towards the result of IPS Terpadu education. (2) there was an influence of learning dicipline towards the result of IPS Terpadu education. (3) there was an influence of high achivement motivation towards the result of IPS Terpadu education. (4) there was an influence of student’s perception about the influence of student’s perception about teacher’s teaching method, learning dicipline and high achievement motivation towards the result of IPS Terpadu education.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhdap hasil belajar IPS Terpadu. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 91 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (2) ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar. (3) ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (4) ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS Terpadu.

Kata kunci : disiplin, hasil belajar, motivasi, persepsi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik,Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamzah, Uno, 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Narulita, Naesya Ruri . 2013. Pengaruh Metode Mengajar Guru, Aktivitas Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Di SMA Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013.

Sanjaya, Wina.2006.Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina.2006. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto, 1997. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung. Tarsita.

Sugiyono. 2005. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, Deni. 2009.Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sarana Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP 17 Serdang Tahun Pelajaran 2012/2013.Unila.

Suryosubroto. 2002. Proses belajar mengajar disekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.