PENGARUH PENGGUNAAN LKS, MINAT BACA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Abstract
This research aims to know factors influencing learning result economic of student of class X SMA Negeri 1 Punduh Pedada. Population in this research is 166 students, and sampel 33 students done with Simple Random Sampling. This research used methode descriptive research of verifikatif with approach of ex post facto and survey. Technique of data collecting is observation, documentation, interview and enquette. Technique analyse data is analyse linear regresi modestly and linear regresi multiple. Based on the analysis data conclusion is: (1). There is the influence of the use of LKS to the results learn economics of student of class X. (2). There is of interest to read influence to the results learn economics of student of class X. (3). There is of discipline learned influence to the result learn economics of student of class X. (4) There is the influence of the use of LKS, interest to read and discipline learned to the result learn economics of student of class X.
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Punduh Pedada. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 166 siswa, dan sampelnya 33 siswa dilakukan dengan Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Ada pengaruh penggunaan LKS terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X. (2) Ada pengaruh minat baca terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X. (3) Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X. (4) Ada pengaruh penggunaan LKS, minat baca dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X.
Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar, LKS, minat baca.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Darmono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka,Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri.2008. Rahasia Sukses Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.
HY. Waluyo. 1995. Pencapaian Hasil Belajar. Depdikbud. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo. Jakarta
Walgito, Bimo. 2008. Psikologi Kelompok. Andi Publiser. Jakarta.
Winkel, WS. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3637
Refbacks
- There are currently no refbacks.