PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU
Abstract
The objective of this research was to know the factors that influence the social learning product of VIII grade students at SMP Negeri 1 Punggur. The populations of the research were 237 students, and the samples were 149 students that were selected by Simple Random Sampling using T. Yamane. The research used descriptive verification with ex post facto and survey approach. The data collecting technique were simple regression linier and multiple regression analysis. Based on the data analysis it can be concluded that: (1) there was an influence of learning independence toward the social learning product of VIII grade students at SMP Negeri 1 Punggur. (2) There was an influence of learning attitude toward the social learning product of VIII grade students at SMP Negeri 1 Punggur. (3) There was an influence of learning independence and learning attitude toward the social learning product of VIII grade students at SMP Negeri 1 Punggur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 237 siswa, dan sampelnya149 siswa dilakukan dengan Simple Random Sampling menggunakan rumus T. Yamane. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur. (2) Ada pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur. (3) Ada pengaruh kemandirian belajar dan sikap belajar terhadap hasil belajarIPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur.
kata kunci: hasil belajar, kemandirian belajar, sikap belajar.Full Text:
PDFReferences
Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Mudjiman, Haris. 2009. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3343
Refbacks
- There are currently no refbacks.