PENGARUH DISIPLIN, PENGAWASAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA

Rezki Chindra Saptama, Yon Rizal, Samsi Samsi

Abstract


This research aims to determine the factors that affect the performance of the teacher certification at the Junior High School rayon 03 Kalirejo Central Lampung are limited on the independent variable discipline, supervision, and motivation. The method used is the Ex Post Facto and Survey with descriptive research design verification. The sampling technique is probability sampling with proportionate stratified random sampling and calculated using the slovin’s formula. Hypothesis testing used simple linear regression analysis unit and multiple. The object of this research is the teachers who have been certified within a population amount of 106 teachers and 84 samples of the population. Based on the analysis of data obtained statistic calculated using the formula: (1). There is an influence of disciplinary on performance. (2). There is an influence of supervision on performance. (3). There is an influence of motivation on performance.(4). There is an influence of discipline, supervision, and motivation on performance.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja pada guru sertifikasi pada SMP Rayon 03 Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah yang dibatasi pada variabel bebas disiplin, pengawasan, dan motivasi. Metode yang digunakan adalah Ex Post Facto dan Survey dengan desain penelitian deskriptif verifikatif. Teknik sampling adalah probability sampling dengan proportionate stratified random sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin. Pengujian hipotesis menggunakan unit analisis regresi linier sederhana dan multiple. Obyek dalam penelitian adalah guru yang telah bersertifikasi dengan populasi sebesar 106 guru dan sampel 84 guru. Berdasarkan analisis data yang dihitung menggunakan rumus stasistik diperoleh: (1). Ada pengaruh disiplin terhadap kinerja. (2). Ada pengaruh pengawasan terhadap kinerja. (3). Ada pengaruh motivasi terhadap kinerja. (4). Ada pengaruh disiplin, pengawasan, dan motivasi terhadap kinerja.

Kata kunci: disiplin, kinerja, motivasi, pengawasan


| Abstract views: 315 | PDF views: 150

Full Text:

PDF

References


Atmodiwirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.

Moenir, A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

S.P. Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

S.P. Hasibuan, Malayu. 2007. Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudiyono. 2004. Manajemen Pendidikan Tinggi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.