PENGARUH NILAI PENGANTAR AKUNTANSI DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI

Yenita Agustina, raden gunawan sudarmanto, tedi rusman

Abstract


This research was meant to find out the influence of the value of a preface accounting and motivation students learn computer accounting against study result of the computer accounting graders XI route financial on SMKN 1 Liwa West Lampung lesson years 2011/2012. A sample in this research is a student XI route financial odd semester on SMKN 1 Liwa West Lampung as much as two class with total of 78 students. Methods used in this research is a method of ex post facto capital with an approach survey, data is collected by using instrument shaped poll with a scale of measurement semantic defferensial. The sample done with proportional random sampling techniques, First, for the testing of hypotheses the second and third using formulas statistical regression.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pengantar akuntansi dan motivasi siswa belajar komputer akuntansi terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI jurusan keuangan pada SMKN 1 Liwa lampung barat tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan keuangan semester ganjil pada SMKN 1 Liwa Lampung Barat sebanyak 2 kelas dengan jumlah keseluruhan 78 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expost facto dengan pendekatan survey, data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument yang berbentuk angket dengan skala pengukuran samantic defferensial. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling, untuk pengujian hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan rumus statistik regresi.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, nilai

 


References


Bhinneka. 2001. Pengaruh Nilai Pengantar Akuntansi dan Intensitas Praktek Terhadap Belajar DEA For Windows Pada Mahasiswa diploma 1 Komputer Akuntansi Startek Komputer Bandar LAmpung tahun Ajaran 2000/2001. Universitas Lampung.

Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah, dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sumarsono. 2004. Metode Penelitian Akuntansi Somtoh Interprestasi Hasil Pengelolaan Data.

UPN Veteran Jawa Timur. Surabaya.

Anni, S.t. 2006. Psikologi Belajar. UPT UNNES Press. Semarang.

Sjiwandono, S.E.W. 2002. Psikologi Pendidikan. Gramedia Widia Sarana. Indonesia.

Sugiono.2004. Metode Penelitian. Cetakan Keenam.CV Alvabeta. Bandung.

Nashar.2004. Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pem,Belajaran. Dellia

press. Jakarta.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy. Bandung.

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

A.M, Sardiman. 2005. Intergrasi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawalli press. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.