PENGARUH MARKETING MIX (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Rizaldi Noverisman, Yon Rizal, I Komang Winatha

Abstract


The research aims to determine the effect of Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) and service quality on the customer satisfaction. This research used experiment and associative method with ex post facto and survey approach. The population in this research is all 350 customers at the Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung and 78 as the respondents. Data collection samples used was done through observation, documentation, interview, and quistionnaire. Analysis technique by liniear regression and path analysis. The analysis showed that learning result of customer satisfaction integrated subjects is influenced by any variables of 91.7% and the remaining 8.3% is influenced by other factors which are not examined in this research.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung dengan jumlah sebanyak 350 pelanggan dan sampel sebanyak 78 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linear dan path analysis. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan kualitas pelayanan sebesar 91,7% terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya sebesar 8,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

 

Kata Kunci : Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan


References


David, Fred R. 2011. Strategic Management. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Daryanto dan Setyobudi Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gava Media.

Deliyanti Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LakBang PRESSindo.

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudjarwo dan Basrowi.2009. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung : CV. Mandar Maju.

Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.