PENGARUH MOTIVASI, STATUS EKONOMI, INFORMASI PERGURUAN TINGGI TERHADAP MINAT S2 MELALUI PRESTASI

Aini Aziza, Yon Rizal, Albet Maydiantoro

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation, socio-economic status of parents and college information on the interest of continuing studies S2 through student learning achievement in Economics Education 2015 FKIP force Lampung University academic year 2018/2019. The method used is descriptive verification with ex post facto approach and survey. The population in this study were students of Economic Education in 2015 FKIP force Lampung University totaling 84 students with the amount of sample was 69 students. The sampling technique used is the probability sampling with simple random sampling. The results showed that there was a significant effect of learning motivation, parents' socio-economic status and college information on the interest in continuing S2 studies through learning achievement in 2015 class of Economics Education students at the Teacher Training and Education Faculty of Lampung University academic year 2018/2019 by 55%.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan informasi perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi S2 melalui prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 FKIP Universitas Lampung tahun akademik 2018/2019. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto and survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 FKIP Universitas Lampung yang berjumlah 84 mahasiswa dengan jumlah sampel berjumlah 69 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan informasi perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi S2 melalui prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 FKIP Universitas Lampung tahun akademik 2018/2019 sebesar 55%.


Kata kunci: informasi, minat, motivasi, prestasi, status


Full Text:

PDF

References


Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan

Tinggi (PT) menurut Provinsi, 2015-

(2018, Juli 11). Retrieved

November 27 , 2018, from Badan

Pusat Statistik:

https://www.bps.go.id/dynamictable/2

/07/11/1522/angka-partisipasikasar-apk-perguruan-tinggi-ptmenurut-provinsi-2015-2016.html

Davis, G. J. (2009). Kerangka Dasar Sistem

Informasi Manajemen. Jakarta: PT

Midas Surya Grafindo.

DIVISI TRACER STUDY JAMINAN MUTU &

TI. (n.d.). Retrieved November 12,

, from CCED University of

Lampung: cced.unila.ac.id/divisitracer-study-jaminan-mutu-ti/

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Pelajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, B. S. (2012). Manajemen

Pemasaran Analisis Perilaku

Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Hartono, S. d. (2008). Perkembangan Peserta

Didik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

khairani, m. (2013). Psikologi Belajar.

Yogyakarta: Aswaja.

Machfoedz, M. (2009). Komunikasi

Keperawatan Komunikasi Terapeutik.

Yogyakarta: Ganbika.

Oetomo, B. S. (2008). Perencanaan dan

Pengembangan Sistem Informasi.

Yogyakarta: Andi.

Purwanto, M. N. (2010). Psikologi

Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Rusman, T. (2012). Modul Aplikasi Statistik

Penelitian dengan SPSS. Bandar

Lampung.

Salamadian. (2018, Februari 19). Tujuan

Pendidikan Nasional Menurut UU. No

Tahun 2003 Pengertian &

Fungsinya. Dipetik November 11,

, dari Salamadian.com:

https://salamadian.com/tujuanpendidikan-nasional/

Sankarto, B. S. (2008). Identifikasi Kebutuhan

Informasi melalui Teknik Pengamatan,

Wawancara, dan Angket.

Santrock, J. W. (2009). Perkembangan Anak.

Jakarta: Erlangga.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Seoekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu

Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

sugiyono. (2008). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). Bandung:

Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.