PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Azalea Agustin, I Komang Winatha, Yon Rizal

Abstract


This research aims was analyzed to determine the influence of service quality, price, facility, and location partially and simultaneously on the customer satisfaction of senior high school students of grade XII in Hafara Courses Pagar Alam Bandar Lampung. The population in this research is all students of grade XII in Hafara Courses Pagar Alam, Bandar Lampung which are 80 students and the sample used by the researcher is saturation sampling. The research method used in this research is descriptive verification method with ex facto approaches and surveys. The hypothesis testing was done by using T test partially and F test simultaneously. The results showed that there was a significant effect on service quality, price, facility, and location to customer satisfaction of senior high school students of grade XII in Hafara Courses Pagar Alam, Bandar Lampung which is 53,2%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, fasilitas, dan lokasi baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan peserta didik kelas XII SMA di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar Hafara Cabang Pagar Alam Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMA Program PTN IPA/IPS di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar Hafara Cabang Pagar Alam Bandar Lampung dengan jumlah sebanyak 80 orang dan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh sebanyak 80 responden. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex facto dan survey. Pengujian hipotesis secara parsial uji T dan secara simultan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan, harga, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan peserta didik kelas XII SMA di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar Hafara Cabang Pagar Alam Bandar Lampung sebesar 53,2%.

 

Kata kunci: Fasilitas, harga, kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, lokasi


| Abstract views: 597 | PDF views: 27

Full Text:

PDF

References


Alkafi, Gusmi. 2012. Pengaruh dimensi pelayanan jasa terhadap kepuasan peserta didik kelas xii sma pada lembaga bimbingan belajar ganesha operation unit panjaitan bandar lampung tahun pelajaran 2012. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Ariyanto. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen bimbingan dan konsultasi belajar nurul fikri bandar lampung tahun ajaran 2013/2014. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Daryanto dan Setyabudi. 2014. Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media.

Dua Lembang, Rosvita. 2010. Analisis pengaruh kualitas produk, harga promosi dan cuaca terhadap keputusan pembelian teh siap minum dalam kemasan merek teh botol sosro. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Heizer, Jay dan Render, Barry. 2015. Operation management (manajemen operasi). Jakarta: Salemba Empat.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen pemasaran. Vol 1 No 13. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2011. Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat. Edisi 2

Munawaroh, Munjiati. 2013. Manajemen operasi. Yogyakarta: LP3M UMY.

Oliver, Richard L. 2010. Satisfaction, a behaviour perspective on the customer. New York: Mc Graw-Hill. Companies Inc.

Sam, Arianto. 2008. Fasilitas belajar. http://sobatbaru.blogspot.com/2008/10/pengertian-fasilitas-belajar.html (diunduh pada 12 Maret 2019).

Sari, Puput Puspita. 2018. Pengaruh citra merek, harga dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada lbpp lia kartini bandar lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Shastri, Ambika. 2015. Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada bengkel motor paramitha graha denpasar. Denpasar. Jurnal EMBA 2.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service manajement mewujudkan layanan prima 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono Fandy dan Diana Anastasia. 2016. Pemasaran esensi dan aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Zeithaml, Bitnerdan Valarie, Gremler. 2009. Service marketing-integrating costumer focus across the firm forth edition. New York: McGraw Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.