STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL SFAE DAN TPS DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA

Rita Lestari, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of IPS study result, interaction in SFAE learning model and TPS by seeing the initial ability. The Research method was quasi experiment by appraoching comparatively. This research was done in SMPN 10 Bandar Lampung with the population 340 students and 63 students as samples which were determined through cluster random sampling. Data analysis technique using t-Test formula and ANOVA manually and SPSS. The result of the analysis showed F count > F table or 7.594 > 4.00 which means there is difference study result through SFAE learning model and TPS and F count > F table or 38,855 > 4,00 which means there is a learning model interaction with initial ability.

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu, interaksi penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Think Pair and Share (TPS) dengan memperhatikan kemampuan awal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Bandar Lampung dengan populasi sebanyak 340 siswa dengan sampel 63 siswa (2 kelas) yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus t – Test dan ANAVA menggunakan perhitungan manual dan SPSS. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung  >  Ftabel atau 7,594 > 4,00 berarti ada perbedaan hasil belajar mengunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Think Pair and Share dan Fhitung > Ftabel atau 38,855 > 4,00 berarti terdapat interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal.

 

 

 

Kata Kunci  : hasil belajar, motivasi berprestasi, cs, jigsaw, eth

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2013). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konseptual (inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Rismawati. (2012). Studi Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Praktik Bukti Transaksi dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Siswa Kelas XI IPS SMA 5 Metro T.P 2011/2012. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Syah, M. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2011). Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.