PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI, PENGALAMAN BERBELANJA, KEPERCAYAAN KONSUMEN, PROMOSI TERHADAP MINAT BELI

Aldy Sapta Perdana, Erlina Rufaidah, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this study was to examine and analyze the impact of the ease of the application usage, shopping experience, consumer trust, and promotion on the buying interest of FKIP Unila students on shopee online buying and selling sites. This research method uses descriptive method verification with ex post facto approaches and surveys. The sample of this study was FKIP Unila students who purchase things at shopee online buying and selling sites with the total number of 93 respondents selected by using nonprobability sampling techniques with a type of purposive sampling. Data collection is done through observation, interviews, documentation, and questionnaires.The hypothesis testing is done by using T test partially and F test simultaneously. The result of the analysis shows  that there is a significant influence of the ease of the use, shopping experience, consumers trust, and promotion simultaneously on the buying interest by 39.1%.

 

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah kemudahan penggunaan aplikasi, pengalaman berbelanja, kepercayaan konsumen, dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli mahasiswa FKIP Unila di situs jual beli online shopee. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Unila yang berbelanja di situs jual beli online shopee sebanyak 93 responden yang di pilih menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner/angket. pengujian hipotesis secara parsial uji T dan secara simultan uji F. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan kemudahan penggunaan, pengalaman berbelanja, kepercayaan konsumen, dan promosi secara simultan terhadap minat beli sebesar 39,1%.

 

Kata Kunci  : kemudahan penggunaan, pengalaman berbelanja, kepercayaan konsumen, promosi, dan minat beli.

Full Text:

PDF

References


Adi, R. N. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dengan Sistem Pre-Order secara Online. Bandung: Undip.

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Durianto, D. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. Ke-10). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

Ling, K. C., Chai, L. T. dan Piew. T. H. 2010. The Effects of Orientations, Online Turst and Prior Online Purchase Experience toward Customers Online Purchases Intetion. International Business Research, Vol. 3, No. 3; 2010

Rusman, T. 2015. Statistika Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Schmitt, B. H., Rogers, David L. 2010. Handbook on Brand and Experience Management. London: Edward Elgar Publishing Limited.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., dan Gregorius, C. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.