Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian, Pemanfaatan Fasilitas Terhadap Prestasi dengan Memperhatikan Aktivitas Belajar Siswa

Reni Evionika, Tedi Rusman, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of critical thinking skills, learning independence and utilization of learning facilities on the students achievement by paying attention to the learning activities in grade  XI of SMA N 2 Kalianda in 2018. The method used in this study was descriptive verification with an ex post facto approach and survey. The population in this study were students of grade XI IPS SMA N 2 Kalianda which are 204 students with a total sample of 135 students. The sampling techniques were done by using simple random sampling. The results showed that there was a significant effect of critical thinking skills, learning independence and utilization of learning facilities on learning achievement in grade XI SMA N 2 times in 2018 of 75.8%.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi siswa dengan memeperhatikan aktivitas belajar pada siswa kelas XI SMA N 2 Kalianda Tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasa XI IPS SMA N 2 Kalianda yang berjumlah 204 Siswa dengan jumlah sampel sebanyak 135 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA N 2 kalianda Tahun 2018 Sebesar 75,8%.

 

Kata kunci     : kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar, pemanfaatan fasilitas belajar, prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Basir, La Ode. 2010. Kemandirian Belajar atau Belajar Mandiri. (Diakses dari http://www.smadwiwarna.net/website/data/artikel/kemandirian.htm/ tanggal 17 september 2018).

Djamarah, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Johnson, David W., Johnson, Roger T., & Holubec, Edythe Johnson. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Penerjemah: Narurita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Rusman, Tedi. 2018. Statistika Parametrik. Bandar Lampung: Pendidikan Ekonomi.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.