Pengaruh Citra Merek, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen LBPP LIA Kartini
Abstract
This research aims to know the influence of brand image, price and facility to costumer satisfaction at LBPP LIA Kartini Bandar Lampung in 2017. The method used in this research is verificative descriptive with ex post facto and survey approach. The population in this research is the students of English for Adults, conversation, and Toefl preparation programs at LBPP Lia kartini bdl in the period from January - December 2017. That was for about 3.067 students and for the sample, 75 respondents were selected using non probability sampling with purposive sampling method. This research employs questionaires for the data collecting technique. For analyzing the data, this research employs multiple linear regressionand multiple regression. The result of this research shows that there is an influence of brand image, price and facility toward customer satisfaction at LBPP LIA Kartini Bandar Lampung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image),harga dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada LBPP LIAKartini Bandar Lampung tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodek deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program English for Adults, Conversation, dan Toefl Preparation di LBPP LIA Kartini Bandar Lampung pada kurun waktu Januari – Desember tahun 2017 yaitu 3.067 siswa dan sampel 75 responden yang ditentukan dengan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan regresi multiple.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh citra merek (brand image), harga dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada LBPP LIA Kartini Bandar Lampung.
Kata kunci : Citra Merek, Harga, Fasilitas dan Kepuasan Konsumen
Full Text:
PDFReferences
Fitriana, Vanna. 2017. Estimasi Permintaan dan Nilai Ekonomi Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta Utara. Skripsi. Bndar Lampung. Universitas Lampung.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi 9. Terjemahan: Hendra Teguh et.al. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12.AlihBahasa. Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.
Lasander, Christian. 2013. Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Vol.1 No.3 Available: https://ejournal.unsrat.ac.id
Lubis, Desy Iriana Dewi dan Rahmat Hidayat. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Il mu Manajemen Sukma Medan. Vol. 5 No. 1 Available : https://www.researchgate.net
Mowen John, C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen Edisi Kelima, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Raharjani, Jeni. 2005. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan sebagai Tempat Belanja. Vol. 2 No. 1. Available: https://eprints.undip.ac.id/14956.
Rahman, Mohammad Rifki. 2015. Pengaruh Pelayanan, Citra dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Lor-In di Solo. Skripsi.Available: http://eprints. ums.ac.id/35301/
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuisioner dan Analisis Data, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strtegi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta. CV. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.
Yudha, Afriadi dan Sonang Sitohang.2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Vol. 1 No. 3. Available: https://ejournal.stiesia.ac.id
Yunus dan Budianto. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Narita Hotel Surabaya. Vol. 3 No 12 Available: https://ejournal.stiesia. ac.id
DOI: https://doi.org/10.23960/16379
Refbacks
- There are currently no refbacks.