Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan

Afdy Rasyid Ikhprastyo, Erlina Rufaidah, Tedi Rusman

Abstract


This research aimed at ascertaining the quality of services, product quality and promotion of customer loyalty through customer satisfaction in Mister Geprek Bandar Lampung. Methods used in this research is deskriftif verifikatif with the approach and ex facto capital and survey. Lab data is obtained of the popolation were 500 customers and sample were 83 customers. The sample collection technique using a technique the sampling method of accidental. Data collection was done using a questionnaire and the testing of hypotheses in this research were analyzed using by path analysis. The result of the study showed that there was some influence between the quality of service, product quality and promotion to customer loyalty through customer satisfaction in Mister Geprek Bandar Lampung 2017/2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Mister Geprek Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriftif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data penelitian ini diperoleh dari populasi yang berjumlah 500 pelanggan dan sampel berjumlah 83 pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Mister Geprek Bandar Lampung tahun 2017/2018.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kualitas produk, promosi, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Suharto. 2009. Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi Jakarta Rajawali Press.

Amstrong dan Philp Koetler. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Delgado, E., Munuera, J.L, (2001), Brand Trust In The Context Of Consumer Loyalty, European Journal Of Marketing, Vol. 35 No 11/12, pp. 1238-1238.

Diah Dharmayanti, 2006, Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loualitas Nasaba, JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN , VOL 1 NO. 1 April 2006.

Evelina, Nela, Handoyo DW, dan Sri Listyorini. 2012. Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Krputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal. 1-11

H. Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Kedua Linda Karya Bandung, 2002.

Koetler, Philp. (2002). Manajemen Pemasaran 1, Edisi Milenium, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Koetler, Philp dan Gary Amstrong. 2010. Principle of Marketing (Edisi 13). United States of America: Pearson.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Olivier, Sandra, Strategi Public Relations, Erlangga, Bandung, 2007.

Sudjarwo dan Basrowi. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. CV. Mandar Maju, Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI : Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.