Supervisi Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru

Lora Nuzullia, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


The objective of the research was to find out the effect teacher perception about the principals supervision, work discipline, teachers competence through work motivation toward teachers performance at SMP Negeri 1 Pugung. This research used descriptive verificative design by approaching expostfacto and survey. The data collecting tehnique was used by distributing questionnaire to the 46 teachers. The data analysis showed path analysis and was managed by SPSS program. The result showed that there is an effect of teacher perception about the princiaplss supervision, work discipline, and teachers competence through work motivation toward teachers performance at SMP Negeri Pugung with the level of determination 0,670.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah, disiplin kerja, dan kompetensi guru melalui motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Pugung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuisioner kepada 46 guru. Analisis data menggunakan path analysis dan diolah dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah, disiplin kerja, dan kompetensi guru melalui motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Pugung dengan kadar determinasi 0,670.

Kata kunci : supervisi, disiplin, kompetensi, motivasi dan kinerja


Full Text:

PDF

References


Amanda, Mentari Ocvilia, Rudi Salam, Said Saggaf. 2016. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. dalam Seminar Nasional Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global. Artikel. (Online), (http://ojs.unm.ac.id), diakses pada 21 Maret 2018.

Barnawi dan Arifin, M. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Burhanuddin. 2006. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Eka, Titin. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak. (Online), Volume 17, No. 02, (https://jurnal.stie-aas.ac.id), diakses pada 12 Februari 2018.

Gunawan, Daniel. 2013. Pengaruh Lingkungan Organisasi, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Program Pacasajarna Universitas Syiah Kuala. (Online), Vol. 2, No. 1 Hal. 36-45, (http://prodipps.unsyiah.ac.id), diakses pada 27 Januari 2018.

Hadi, Sussono. 2009. Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, dan Kedisiplinan Guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Ilmiah Kependidikan. (Online), Volume II, Nomor 1, (http://jurnalnasional.ump.ac.id.), diakses pada 16 Januari 2018.

Hasibuan, Malayu. SP. 2010. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningrum, Komang Septia Cahya. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. (Online), Vol. 7, No. 2, (https://ejournal.undiksha.ac.id), diakses pada 5 Februari 2018.

Prihantoro, Agus. 2012. Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, Dan Komitmen. Jurnal Unimus. (Online), Vol. 8, No. 2, (http://eprints.dinus.ac.id), diakses pada 16 Januari 2018.

Riesminingsih. 2013. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap KInerja Guru SMA Yadika 3 Karang Tengah. Jurnal Mix. (Online), Vol. III, No. 3, Hal. 263-271, (https://media.neliti.com), diakses pada 14 Januari 2018.

Rifaldi, Muhammad Ali. 2014. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMK ADB Se-Kota Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. (Online), Vol. 4 No. 4, Hal. 122-133, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id), diakses pada 13 Februari 2018.

Sandjojo, Nidjo. 2011. Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama.

Setyati, Sri. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Online), Vol. 22, No. 2, (http://journal.uny.ac.id), diakses pada 3 Februari 2018.

Sudarmanto, R. Gunawan. 2005. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suharsimi, Arikunto. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winayah.

Usman, Moh. Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesonal. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.