Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Merek, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Abstract
The aim of this study was to find out the effect of product quality, price, brand, advertising, and lifestyle to consumer purchasing decision oppo smartphone android products at oppo outlet Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung. The method in this study was descriptive verification with ex post facto approach and survey. Sampling in this study as many as 75 people were determined by accidental sampling technique. Data analyzed multiple linear regression model. The results shows that there is an positive and significant influence of product quality, price, brand, advertising, and lifestyle to consumer purchasing decision oppo smartphone android products at oppo outlet Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, merek, iklan, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen produk smartphone oppo android pada gerai oppo Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung. Metode yang digunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey.Sampel berjumlah 75 orang yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan model regresi linier ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk, harga, merek, iklan, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen produk smartphone oppo android pada gerai oppo Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung.
Kata kunci: kualitas produk, harga, merek, iklan, keputusan pembelian
Full Text:
PDFReferences
Basu Swastha, 2001. Manajemen Pemasaran Modern; Yogyakarta : BPFE.
Bilson, Simamora. 2001. Memenagkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dorothea Wahu Ariani, 2004. Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Kotler, Philip and Gary Armstrong 2008.Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Amstrong, G. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks.
Paul, Peter. J dan Jerry C. Olson, 2000, Consumer Behaviour :
Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, jilid 1 dan jilid 2, Jakarta : Erlangga.
Rangkuti, F. (2002). The Power of Brands. Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung: Prenada Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Swastha,Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE Yogyakarta.
Tjiptono, Fandi. 2005. Pemasaran Jasa Malang : Bayumedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14457