Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Mind Mapping dan Numbered Dengan Memperhatikan Sikap Siswa
Abstract
The purpose of this research was to know the difference between learning result,interaction of the use of cooperative learning model type Mind Mapping andNumbered Head Together with regard to attitudes toward the subjects.Methodology of the research used in this research was quasi-experimental methodwith Comparative approach. Research design was treatment by level. Thepopulation in this research was 4 classes with the number of sample used is was 2clasusinges with 68 students which specified through cluster random sampling.The data collecting technique was using questionnaire and test. Hypothesis testingwere using two-way test and two-t test. Based on the result of data analysis, theresult was there difference is a in learning outcomes and there is a the nointeraction using Cooperative type learning model Mind Mapping and NumberedHead Together by looking at attitudes toward subjects.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dan Numbered Head Together dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatmen by level. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan jumlah 136 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 68 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan angket dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan tidak ada interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dan Numbered Head Together dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran.
Kata kunci: hasil belajar, mind mapping , numbered head together ,sikap siswa
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak. Gramedia: Jakarta
Hamalik, Oemar. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Isjoni, H. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riyanto, Yatmi. (2012).Perbandingan Baru. Pembelajaran: Sebagaireferensi bagi pendidik dan Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang RI No. 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung:Citra Umbara
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13429
Refbacks
- There are currently no refbacks.