Perbandingan Soft Skill Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw II dan Fishbowl Memperhatikan EQ
Abstract
The purpose of this research was to know the difference of soft skill and the interaction of the use of cooperative learning model of Jigsaw II and Fishbowl type by considering Emotional Quotient. The method used in this research was quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment with comparative approach. The study design used treatment by level design. The population in this study were 4 classes with 155 student and the samples used by 2 classes with 78 students was determined through random cluster sampling. Data collection technique used observation and questionnaires. Hypothesis testing using two-way analysis of variance and t-test og two independent sampels. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in a difference in soft skill and the interaction of the use of cooperative learning model of Jigsaw II and Fishbowl type by considering Emotional Quotient (EQ).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan soft skill dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan Fishbowl dengan memperhatikan kecerdasan emosional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan jumlah 155 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 78 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan soft skill dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan Fishbowl dengan memperhatikan kecerdasan Emosional (EQ).
Kata kunci: emotional quotient, fishbowl, jigsaw II, soft skill
Full Text:
PDFReferences
Elfindri, et al. 2011. Soft Skill untuk Pendidik. t.k: Baduose Media
Goleman, Danniel. 2002. Working With Emotional Intelligence (terjemahan).Jakarta:PT Gramedia Pustaka
Indriani, Lia. 2012. Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa melalui metode three-stage fishbowl decision pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga (PTK Pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 4 Jatisrono).
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok.Bandung: Alfabeta
Nugrahani, Esti. 2011. Efektivitas model pembelajaran koo-peratif tipe jigsaw II dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematikan siswa SMP Muhammadiyah 2 Sapuran Wonosobo.
Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika: Jakarta
Sailah, Illah. 2008. Pengembangan Soft skill di Perguruan Tinggi. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depar-temen Pendidikan Nasi-onal.http://www.undana.ac.id/jsmallfib_top/LPMPTBUKUDIKTI/BUKU%20SOFTSKILL.pdf,
Sarimaya. 2013. Peningkatan soft skill siswa SMP dalam pembelajaran IPS melalui pengembangkan model pem-belajaran kooperatif
Slavin E. Robert. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks
Sudrajat, Adjat. 2015. Hubungan kecerdasan emosional dengan sikap belajar siswa
Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pmbelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Graha Ilmu
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar grafika: Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13405
Refbacks
- There are currently no refbacks.