PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 METRO TAHUN AJARAN 2016/2017

Anida Masila, I Komang Winatha, Nurdin Nurdin

Abstract


This study aimed to determine the influence of self learning and school environment through learning motivation towards the result of economic learning of X Grade Student of SMA N 3 Metro School year 2016/2017. The method used in this study was verificative descriptive with ex post facto approach. The population in this study was X Grade of IPS Student which was102 students and the sample was 81 students determined with T.Yamane formula. The sampling technique was probability sample used simple random sampling. The collected data through questionnaires was processed by SPSS. Based on data analysis that there was an influence of self learning and school environment through learning motivation towards the result of economic learning of X Grade Student of SMA N 3 Metro School .

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan sekolah melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Metro Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS dengan jumlah 102 siswa dan sampel 81 siswa yang ditentukan dengan rumus T.Yamane. Teknik pengambilan sampel yaitu adalah probability sample dengan menggunakan simple random sampling. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan sekolah melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 3 Metro.

Kata kunci: hasil belajar, kemandirian belajar, lingkungan sekolah, motivasi

belajar.


Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta..

Hamzah, B. U. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudjiman, H. (2007). Belajar Mandiri (Self - Motivated Learning). Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2009). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Tirtarahardja, U. dan La Sulo. (2005). PengantarPendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.