Team Assisted Individually dan Pair Check Untuk Meningkatkan Soft Skill Dengan Memperhatikan Konsep Diri
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang perbedaan soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Team Assisted Individually (TAI) dan Pair Check (PC) dengan memperhatikan konsep diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan by level desain. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu VIII A dan VIII D yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data melalui observasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan rata-rata soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individually dan pair check pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Kata Kunci: soft skill, team assisted individually, pair check, konsep diri.
Full Text:
PDFReferences
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.
Elfindri,. 2010. Soft Skills untuk Pendidik. t.k.: Baduose Media.
Ghufron, M.Nur. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Huda. 2013. Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mardatillah. Annisa. 2016. Think and Grow Success by Soft Skill. Solo: Aryhaeko Sinergi Persada.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyantoko, Amat. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Check dan Think Pair Share Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Suyitno. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.