Pengaruh Konsumen Tentang Atribut Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen

Asih Widiyanti, Yon Rizal, Albet Maydiantoro

Abstract


The purpose of this research is to know the influence of product attributes, prices and quality of service of consumer satisfaction RM Bebek Belur Bandar Lampung. The population of the research is consumers who visiting the RM Bebek Belur. The population is in RM Bebek Belur Bandar Lampung in 1 moon is 10.500 people. Sampling method using a descriptive approach to expost facto verifikatif and survey. The technique of sampling that is accidental sampling using the formula from Roscoe that is a minimum of 10 times the amount variable the treatment. Variable in research is 4 ( independent + dependent ), the number of sample = 15 x 4 = 60 respondents. Data were collected through questionnaires processed by linear regression analysis and multiple regression analysis. Based on the analysis of data obtained results that affect the perception of consumers about product attributes, prices and quality of service of consumer satisfaction to the RM Bebek Belur Bandar Lampung.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh atribut produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen RM Bebek Belur Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di RM Bebek Belur Bandar Lampung. Besarnya populasi yang ada di RM Bebek Belur Bandar Lampung dalam 1 bulan adalah 10.500 orang. Pengambilan sampel yaitu menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan expost facto dan survey. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling dengan menggunakan rumus dari Roscoe yaitu minimal 10 kali jumlah variabel yang diteliti. Variabel dalam penelitian ini yaitu 4 (independent + dependent), maka jumlah sampel = 15 X 4 = 60 responden. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan analisis regresi linier dan analisis regresi multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh persepsi konsumen tentang atribut produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Bebek Belur Bandar Lampung.

Kata kunci:atribut produk, harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompokGramedia.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip& Armsrong, Gary. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2007.Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kesembilan Jilid 1, PT Index, Jakarta.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. 2005. Manajemen Riset dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.