Perbandingan Kualitas Butir Soal Buatan Guru Sekolah Terakreditasi A dan B

Hesti Puspita Sari, Edy Purnomo, Hi. Nurdin

Abstract


The purpose of this research is to know the quality of the items made by IPS lesson teachers Integrated schools accredited A and B in Central Lampung District. The method used is comparative method with expost facto approach. Population is all questions and answers sheet in the middle of odd semester of IPS Integrated junior high school subjects accredited A and B in Central Lampung regency. The sampling technique using Cluster Area Sampling obtained a sample of 102 questions from 3 accredited schools A and 110 about 3 schools accredited B. The results of data analysis show that the quality of items in junior accredited junior high school is superior in the level of difficulty, effectiveness and validity. Meanwhile, the accredited State Junior High School B is superior in terms of distinguishing power and reliability.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas butir soal buatan guru pelajaran IPS Terpadu sekolah terakreditasi A dan B di Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan adalah metode komparatif dengan pendekatan expost facto. Populasi adalah seluruh soal dan lembar jawaban ulangan tengah semester ganjil mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri yang terakreditasi A dan B di Kabupaten Lampung Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Area Sampling diperoleh sampel sebanyak 102 soal dari 3 sekolah yang terakreditasi A dan 110 soal 3 sekolah yang terakreditasi B. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas butir soal di SMP Negeri terakreditasi A lebih unggul dalam tingkat kesukaran, efektivitas pengecoh dan validitas. Sedangkan, SMP Negeri yang terakreditasi B lebih unggul dalam segi daya pembeda dan reliabilitas.

Kata kunci: Kualitas butir soal, Akreditasi Sekolah


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Purnomo, Edy. 2015. Dasar-Dasar dan Perencanaan Evaluasi Pembelajaran. Bandar Lampung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12778

Refbacks