Pengaruh Konsep Diri, Disiplin dan Minat terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar

Siti Nur Fadilah, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of self concept, discipline and learning interest towards the result of study through learning motivation. The method used in this research is descriptive verification with ex post facto and surey approach. The population of this research was the first year students of SMAN 4 Bandar Lampung with 244 students and 152 samples with proposional random sampling. Data were collected through questionnaires processed by path analysis techniques. The results showed that: there is an influence of self concept, discipline and learning interest towards the result of study through learning motivation in economics lesson in the first year students of SMAN 4 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri, disiplin dan minat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas x dengan jumlah 244 dan sampel 152 yang ditentukan dengan proporsional random sampling. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan teknik analisis jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa: Ada pengaruh konsep diri, disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017.


Kata kunci: disiplin, hasil belajar, konsep diri, minat, motivasi

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. 2006. Psikologi Perkembangan-Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah,Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2008. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.