Perbandingan Keterampilan Sosial Menggunakan Model GGE dan GI Dengan Memperhatikan Konsep Diri

Intan Komala Sari, Erlina Rufaidah, Nurdin Nurdin

Abstract


The aim of this study was to find out the difference of social soft skill, and interaction in using type of GGE learning model and GI in terms of students selfconcept. The research method used in this research was quasi experimental method with comparative approach. The study design used Treatment by Level 2x2 design. Data collection was done by observing through observation sheet. This study uses the t-Test exam, and Two Way Variants Analysis. Based on the data analysis obtained that there are differences social soft-skill and interaction in using learning model type of GGE and GI in terms of students self-concept.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial, dan interaksi penggunaan model pembelajaran tipe GGE dan GI dengan memperhatikan konsep diri siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan Treatment by Level 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan melalui lembar observasi. Penelitian ini menggunakan uji t-Test, dan Analisis Varians Dua Jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan keterampilan sosial dan ada interaksi penggunaan model pembelajaran tipe GGE dan GI dengan memperhatikan konsep diri siswa.

Kata kunci: gge, gi, keterampilan sosial, konsep diri

| Abstract views: 114 | PDF views: 16

Full Text:

PDF

References


Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta :Rineka Cipta

Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta

Narti, Sri. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Silberman, Melvin L. 2013. Active learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (alih bahasa : Raisul Muttaqien). Bandung: Nuansa Cendekia

Slavin, Robert E. 2009.Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutirman. 2013. Media & ModelModel Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003. 2006. Bandung Citra Umbaran. Halaman 72




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.