PENGARUH KESIAPAN, DISIPLIN, DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Imam Asrofi, Yon Rizal, Nurdin Nurdin

Abstract


This study aimed to determine the effect of readiness, discipline, and learning activies toward the economic learning result. The method used was descriptive verification with ex post facto and surveys approach. The population in this study were all the students of X class consist of 129 students and the sample was 98 students who were determined by the Slovin formula. The sampling technique was probability sampling by using simple random sampling. The hypothesis testing used simple linear regression and multiple linear regression. The results showed that: There was an impact of readiness on the results of the economic learning result. There was an impact of disipline on the economic learning result. There was an impact of learning activies towards the economic learning result. There was an impact together of self readiness, discipline, and learning activies towards the economic learning result.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan, disiplin, dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dengan jumlah 129 siswa dan sampel 98 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh kesiapan terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh disiplin terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh secara bersama-sama kesiapan, disiplin, aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi.

Kata kunci: aktivitas belajar, disiplin, hasil belajar, kesiapan

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Badan Penerbit UNDIP.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Wahyuni. 2005. Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada siswa kelas II MA AL ASROR Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/2005. Lampung: Universitas Lampung.

Eka Wahyu Ningtias. 2014. Pengaruh Aktivitas Belajar siswa, Pesepsi Tentang Ketrampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014. Lampung: Universitas Lampung.

Gika Nugraha Pratama. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar, Aktivitas Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Lampung: Universitas Lampung.

Hanafiah. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Bandung: Refika Aditama.

Masudi. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.

Syaiful. Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.