PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR, KONSEP DIRI, AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Fitri Permatasari, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This study aimed to determine the effect of teaching skills, self concept and learning activity to the results of the economic study. The method used was descriptive verification with ex post facto and surveys approach. The population in this study were all the students of class X consisted of 141 students and the sample was 104 students who were determined by theSlovinformula. The sampling technique was probability sampling by using simple random sampling. The hypothesis testing used simple linear regression and multiple linear regression. The results showed that: There was an impact of teacher teaching skills perception to the economic study, result there was an impact ofthe self concept to the results of the economic study. There was an impact ofthe activity to learning results of the economic study.There was an impactof teaching skills, self concept and activity to learn the results of the economic study.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengajar, konsep diri dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi.Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatanex post factodan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dengan jumlah 141 siswa dan sampel 104 siswa yang ditentukan dengan rumusSlovin. Teknik pengambilan sampel yaituprobability samplingmenggunakansimple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi.Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi.Ada pengaruh keterampilan guru mengajar, konsep diri dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi.

Kata kunci:persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar, konsep diri,aktivitas belajar dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Raja grafindo Persada.

Sadirman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryabrata. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Triana. 2011. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD N 1 Sendang Agung Tahun Pelajaran 2010/2011. Lampung: Universitas Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.