PENGARUH TEKNIK ASESMEN IF-AT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT
Abstract
This study aimed to to assess the influence and the effectiveness of IF-AT assesment to learning achievements through learning model type TGT .Research methodology used descriptive verificative with the ex post facto approach. Population were 919 students with samples were 34 students ( 1 a class ) with clusters random sampling technique. The testing of hypotheses data was using simple linear regression and independent sample t - test. The research results showed that there is an influence of using IF-AT assessments to student learning achievements through cooperative learning model type TGT
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dan efektivitas teknik penilaian IF-AT terhadap prestasi belajar melalui model pembelajaran tipe TGT. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi berjumlah 919 siswa dengan sampel sebanyak 34 siswa (1 kelas) dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengujian hipotesis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dan T Test Sampel Independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada ada pengaruh penggunaan teknik asesmen IF-AT terhadap prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT
Kata kunci: IF-AT, prestasi belajar, TGTFull Text:
PDFReferences
Basrowi dan Akhmad Kasinu. 2007. Metodologi Penelitian Sosial Konsep, Prosedur dan Aplikasi. Jenggala Pustaka Utama: Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Epstein Educational Enterprises. 2001. What Is The IF-AT.Dari www.epsteineducation.com/home/about/default.aspx. Diakses pada 10 Februari 2015. Pukul 20:27
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10526
Refbacks
- There are currently no refbacks.