PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS MAKANAN CEPAT SAJI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Resthania Tridhawati, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This study aimed to find out the influence of price perception and quality of fast food on purchasing decision. The method used was verificative descriptive using ex post facto approach and surveys. The populations in this research were the consumers of KFC Gelael Bandar Lampung and166 samples from consumers were determined by the Tuckman formula. Sampling method used was nonprobability sampling by using accidental sampling technique. The hypothesis testing used simple linear regression and multiple linear regression. The analysis showed that (1) there is an influence of price perceptions on purchase decisions, (2) there is an influence of fast food quality on purchasing decisions, (3) there is an influence between the perception of price and quality of fast food on purchasing decision.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas makanan cepat saji terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen KFC Gelael Bandar Lampung dan sampel 166 konsumen yang ditentukan dengan rumus tuckman. Metode penetapan sampel yaitu nonprobability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan (1) ada pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, (2) ada pengaruh kualitas makanan cepat saji terhadap keputusan pembelian, (3) ada pengaruh persepsi harga dan kualitas makanan cepat saji terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: keputusan pembelian, kualitas makanan cepat saji, persepsi harga

Full Text:

PDF

References


Kotler & Armstrong. 2005. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsum, A.W. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya, Edisi IV. Yogyakarta: Andi.

Mayasari, Devi Reka. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Es Krim Walls di Chandra Supermarket Tanjung Karang Bandar Lampung Tahun 2012. Bandar Lampung.

Nazir, Muhammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesa.

Sampurna, Ali. 2012. Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Kayu Bandar Lampung Tahun 2012. Bandar Lampung.

Setiawan, Hendar. 2012. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio di Bandar Lampung Tahun 2012. Bandar Lampung.

Sudjarwo. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Jakarta: CV. Mandar Maju.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.