PENGARUH MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Rizki Afrizal Sandi, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The aim of this research was to figure out the effect of Problem Posing toward creative thinking skill and students learning activity. The design of the research was pretest and posttest non-equivalent. The samples were X1 and X2 grader of Senior High School 16 Bandar Lampung. They were selected by purposive sampling method. The data of creative thinking skill were obtained by the average value of pretest, posttest, and N-gain . They were analyzed by U-test and t-test. The qualitative data of creative thinking skill and students learning activity were analyzed descriptively. The result showed that creative thinking skill was a medium criteria (68.30%) and the highest score was gained by expresing many ideas in solving problems aspect. The improvement of students learning activity was a high criteria (75,00%) and highest score in this criteria was to find information in problems solving aspect. In conclusion Problem Posing improved the creative thinking skill and learning activity.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 SMAN 16 Bandar Lampung yang dipilih secara purposive sampling. Data KBK diperoleh dari nilai pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis dengan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa KBK dan aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif berkriteria sedang (68,30%) dalam mencetuskan banyak gagasan untuk melakukan pemecahan masalah. Peningkatan aktivitas belajar siswa berkriteria tinggi (75,00%) dalam mencari informasi untuk memecahkan masalah. Dapat disimpulkan bahwa problem posing meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan akivitas belajar.

Kata kunci: aktivitas belajar siswa, kemampuan berpikir kreatif, Problem Posing


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2009. Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publisher.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhidayati, W. 2013. Implementasi Model LAPS (Logan Avenue Problem Solving) - Heuristik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. (Online), (http://repository.upi.edu/1585/4/S_MTK_0908090_CHAPTER1.pdf. Diakses pada 17 Maret 2015 10.10 WIB).

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.

Siswono, T.Y.E. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 10 (1): 1-9. (Online), (https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper05_problemposing.pdf. Diakses pada 30 Januari 2015 21.15 WIB).

Sugiarto, I. 2011. Yang Lupa Diajarkan Oleh Sekolah Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sujiono, Y.N. dan Sujiono B. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Sukarma, K. 2004. Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Jurnal Kependidikan, Volume 3, No. 1. Tidak diterbitkan.

Suryosubroto. B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Thobrani dan Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovtif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.