PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Tyas Kharimah Tindani, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung

Abstract


This research aimed to determine the influence of PBL model towards critical thinking and students learning activity. The sample of this research were students of VIIB and VIID SMP Nusantara Bandar Lampung that were chosen by Purposive Sampling technique. The research used pretest-posttest non equivalent design. The quantitative data were obtained from the critical thinking improvement that was analyzed by using T-Test and U-Test. The qualitative data were gained from students observation sheet and student responses about PBL model. The result showed that critical thinking in experiment class with N-gain average (46,18) was significantly different with class control (36,95). Students activity in problem identification, argumentation, induction, and deduction were in average criteria. While the evaluation activity was in low criteria. Therefore, PBL influenced critical thinking and students learning activity on the material of environmentals management.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dan VIID SMP Nusantara Bandar Lampung yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest tak ekuivalen. Data kuantitatif berupa peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil peningkatan Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 46,18 berbeda signifikan dengan kelas kontrol (36,95). Aktivitas merumuskan masalah, induksi, deduksi, dan argumen berkriteria sedang. Sedangkan evaluasi berkriteria rendah. Sehingga, penerapan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.


Kata kunci : Aktivitas belajar, kemampuan berpikir kritis, PBL, pengelolaan lingkungan


Full Text:

PDF

References


Ametembun, N. A. 2006. Membelajarkan Peserta didik berpikir Kreatif (Revisi). Bandung: SURI. 77 hlm.

Arnyana, I. B. P. 2007. Penerapan Model PBL Pada Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Nehgeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007. (Online). (http:// pasca.Undiksha.ac.id, diakses pada 6 Desember 2014; 20.05 WIB). 21 hlm.

Ennis, R.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. (Online). (http://rhennis@illinois.edu, diakses pada 5 Desember 2014 ; 10.58 WIB). 8 hlm.

EL-Shaer, A. dan H. Gaber . 2014.Impact of Problem-Based Learning on Students`Critical ThinkingDispositions, Knowledge Acquisition and Retention. (Online). (http://www.iiste.org/journals/index.php, diakses pada 26April 2014;12.42 WIB). 13 hlm.

Guedri, Z. 2011.Problem-Based Learning : Bringing Higher Order Thinking to Business Schools. (Online). (http://neumann.hec.ca, diakses pada 8 November 2014;14.37 WIB). 19 hlm.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. 456 hlm.

Kuhn, D dan W. Udell. 2003. The Development of Argument Skillshttp://mx1.educationforthinking.org. (13 Juni 2015: 5.05 WIB). 17 hlm.

Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers. 448 hlm.

OECD. 2013.Asian countries top OECDs latest PISA survey on state of global education. (Online). (http://www.oecd.org/newsroom/asian-countries-top-oecd-s-latest-pisa-survey-on-state-of-global-education.htm , diakses pada 26 Febuari 2015; 6.30 WIB). 1 hlm

Paul, R. dan.Elder L. 2007. The miniature guide to critical thinking concepts and tools. (Online) (www.criticalthinking.org, diakses pada 27 Febuari 2014; 6.25). 12 hlm.

Riyanto, Y. 2001. Paradigma baru pembelajaran: sebagai referensi bagi guru/pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 316 hlm.

Rusman. 2014. Model-model pembelajaran : mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers. 418 hlm.

Sedghi, A., A.George dan C.Mona . 2013. Pisa 2012 results: which country does best at reading, maths and science. (Online). (http://www.theguardian.com, diakses pada 26 Febuari 2015; 6.18 WIB). 1 hlm.

Tayyeb, R. 2013. Effectiveness of problem Based Learning as an intstructional tool for acquisition of content knowledge and promotion of critical thinkingamong medical students. (Online). (www.jcpsp.pk/archive/2013/jan2013/10.pdf, diakses pada 10 november 2014; 9.14 WIB). 5 hlm.

Ubis, M. Ch., N. Jantje dan Tuju E. A.. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA 3 Manado. (Online). (http://ejournal.unima.ac.id, diakses pada 27 Febuari 2014; 6.06 WIB). 8 hlm.

Wulandari, N.,Sjarkawi dan Damris M. 2011. Pengaruh Problem Based Learning dan kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. . (Online). (http://download.portalgaruda.org/article, diakses pada 27 Febuari 2014; 6.06 WIB). 11 hlm.

Zabit, M. N. 2010. Problem-Based Learning On Students? Critical Thinking Skills In Teaching Business Education In Malaysia: a Literature Review. (Online). (http://cluteinstitute.com, diakses pada 26April 2014; 12.42 WIB). 14 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.