PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP EKOSISTEM

Erni Oftika, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung

Abstract


The research was aimed to find the influence of internet accessing intensity to learning achievement in ecosystem concept. The samples were students of SMA Persada with saturated sampling technique. The qualitative data was intensity of accessing internet were obtained from questionnaire. Both of data were examined by normality data test and simly linier regression test then analyzed statistics used SPSS program 17 version. The result showed that average of student having the intensity of accessing internet was high with the learning achievement which was medium (47,2%), with R2(0,29) meaning that the students succes of learning biology achievement determined by the intensity of accessing internet which was 29% whereas 71% explained by another factor or variable. So, the intensity of accessing internet affected the increasing of students learning achievement in ecosystem consept.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intensitas mengakses internet terhadap hasil belajar pada konsep ekosistem, objek yang digunakan seluruh siswa kelas X di SMA Persada dengan teknik sampling jenuh. Data kuantitatif berupa skor hasil belajar aspek kognitif siswa yang diperoleh dari nilai tes. Data kualitatif berupa intensitas mengakes internet diperoleh dari angket. Kedua data diuji dengan uji normalitas data dan uji regresi linier sederhana kemudian dianalisis secara statistik dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa memiliki intensitas mengakses internet tinggi dengan hasil belajar sedang (47,2 %), dengan R (0,29) diartikan bahwa keberhasilan siswa dalam pencapaian hasil belajar biologi ditentukan oleh intensitas mengakses internet sebesar (29%), sedangkan sisanya 71% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain. Dengan demikian, intensitas mengakses internet berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ekosistem.

Kata Kunci: ekosistem, hasil belajar, intensitas mengakses internet


Full Text:

PDF

References


Anisa, W. 2006. Pemanfaatan Internet Sebagai Pengembangan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Anne, R. 2011. Pengaruh Intensitas Pengguna Internet terhadap Prestasi Belajar Pada SMA 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Budiman, N. 2013. Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di Sma Kr. 2 Tomohon. Manado: Universitas Negeri Manado.

Eko U P. 2013. Melesatkan Prestasi Akademik dengan Internet. Bandung: GrahaWidya.

Hamalik, O. 1993. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsilo.

Herring (ed). 1996. Computer Mediated Communication. Amsterdam: Linguistic, Sosial and Cross Cultural Perspectives.

Hidayat, W. 2011. Hubungan Antara Intensitas dan Minat Penggunaan Fasilitas Wifi Sekolah dengan Hasil Belajar Pelajaran TIK Siswa SMAN. 1 Jetis Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mujib, M. 2013. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Novianti, I. 2011.Perilaku Penggunaan Internet Di Kalangan Mahasiswa. Surabaya: Universitas Airlangga

Pranatha. 2013. Pembelajaran Memanfaatkan Internet. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman A.M. 2009. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Radjagrafindo Persada.

Suparno. 2009. Interaksi Hasil Belajar. Bandung: Graha Widya.

Tuna, J R. 2010. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Manado: Universitas Negeri Manado.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.