PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA
Abstract
This study was aimed to find out the using of cooperative learning model think pair share (TPS) toward students learning activities and conceptual understanding. This study design was pretest-posttest non equivalent group. Samples were students from class VIII A and VIII C SMP N 1 Banjit Way Kanan selected by purposive sampling. The quantitative data ware obtained from the average of pretest-posttest and N-gain that were analyzed using U test. The qualitative data were description of learning activities and students' questionnaire responses. The study results showed that TPS can improved students conceptual understanding with the average N-gain is 60,45. Activity of teamwork, persentation, and express of ideas were increasedwith an average 60,45%. N-gain average of C1 is 60,21%, C2 is 67,57% C3 is 82,41% and C4 is 70,51%. Thus, using TPS learning model can increased students learning activities and conceptual understanding.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran TPS terhadap aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes posttes non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII C SMP N 1 Banjit Way Kanan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest-posttes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan TPS meningkatkan penguasaan konsep siswa secara signifikan dengan rata-rata N-gain 60,45. Aktivitas bekerjasama, presentasi, dan mengemukakan ide/pendapat mengalami peningkatan memperoleh rata-rata 78,87%. Rata-rata N-gain pada indikator C1 yaitu 60,21%, C2 yaitu 67,57% C3 yaitu 82,41% dan C4 yaitu 70,51%. Dengan demikian, pembelajaran mengguna-kan model TPS pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa.
Kata kunci : penguasaan konsep, tahapan perkembangan manusia, TPSFull Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Fadholi, A. 2009. Kelebihan dan Kekurangan TPS. (Online). (http:/ /ariffadholi. blogspot.com/2013/10/kelebihan- kekurangan-tps.html, diakses pada 7 Januari pada pukul 11:00 WIB).
Hamalik, O. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Karim, M. 2011. Realita Sistem Pendidikan dan Tujuan Pendidikan Nasional. (Online) (http://mahdikarim.wordpress, diakses pada19 maret pukul19:23 WIB).
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.
Pramudiyanti. 2008. Hasil Belajar Mahasiswa Botani Tumbuhan Tinggi Dengan Model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung
Wahyuni, A. 2014. Penyebab rendahnya pendidikan Indonesia. (Online) (http://blog.umy.ac.id/ anadwiwahyuni/pendidikan/ penyebab-rendahnya-kualitas-pendidikan-di-indonesia/, diakses pada 18 Desember pukul 14.00 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.