EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Sisca Puspita Nasution, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of laboratory based learning on student science process skills (KPS) and  scientific attitudes. The design was pretest-posttes non equivalent group by purposive sampling so those class VII H and VII I were choosen as subject. The quantitative data  was KPS that analyzed by t test and U test. The average value of pretest and posttest with pretest average of 39,09; posttest average of 73,85; and an average gain of 0,16. The average increase in all KPS aspects that were observed had moderate criteria (34,52). The qualitative data were obtained from observation and questionnaire, analyzed descriptively. Observation result of KPS had high criteria (81,67), the observation of a scientific attitude had a very high criteria (89,77) and from students questionnaire data showed nearly all students have a scientific attitude. Thus, it can be concluded that laboratory based learning is effective in improving students KPS and scientific attitude.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan sikap ilmiah siswa. Desain yang digunakan adalah pretes-posttes kelompok non ekuivalen dengan purposive sampling sehingga kelas VII H dan VII I diambil sebagai subjek. Data kuantitatif berupa KPS siswa dianalisis dengan uji t dan uji U. Diperoleh rata-rata pretes 39,09; rata-rata postes 73,85; dan rata-rata gain 0,16. Rata-rata peningkatan KPS dalam semua aspek yang diamati berkriteria sedang (34,52). Data kualitatif berupa KPS dan sikap ilmiah siswa diperoleh melalui lembar observasi dan angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil observasi KPS memiliki kriteria tinggi (81,67), sikap ilmiah memiliki kriteria sangat tinggi (89,77) dan dari data angket sikap ilmiah siswa menunjukkan hampir semua siswa memiliki sikap ilmiah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum efektif dalam meningkatkan KPS dan sikap ilmiah siswa.

Kata kunci : fotosintesis, keterampilan proses sains, pembelajaran berbasis praktikum, sikap ilmiah


Full Text:

PDF

References


Afia, Atep. 2013. Tata Tulis Karya Ilmiah. Jakarta: Pusat Pengembangan Bahan Ajar UMB

BSNP. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Dasar dan Menengah. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Chrisnawati, Lili. 2011. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fotosintesis. (Skripsi). Bandar Lampung: Univeristas Lampung.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ependi. 2013. Pengaruh Metode Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Keragaman Sistem Organisasi Kehidupan. (Skripsi). Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Kholid, Setiawan dan Fitrijaya. 2011. Metode Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Siswa Kelas X di SMK Negeri 11 Cimahi). (Skripsi). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Mintohari, Suryanti dan Widodo. 2011. Keterampilan Proses Dalam IPA. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. (Online). (http://pjjpgsd.unesa.ac.id/dok/1.Suplemen-1-KetrProsesdaninkuiri.pdf, diakses pada hari Kamis 12 Juni 2014)

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.

Rohaeni, M. A. 2013. Penerapan Peer Assessment Pada Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Menilai Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa SMP Materi Pencemaran Lingkungan (Skripsi). Bandung: Unversitas Pendidikan Indonesia.

Rustaman, Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sari, Prima Mutia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Iilmiah dan Penguasaan Konsep Sistem Regulasi. (Thesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Semiawan, Conny R. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Subiantoro, Agung. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. (Online) (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/.pdf., diakses pada hari Minggu, 1 Desember 2013)

Sudjana, Nana. 1998. Proses Belajar Mengajar. CV. Bandung: Remaja Karya.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FPI-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III. Jakarta: Grasindo.

Zulpa, Merial. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Laboratorium terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan pada Manusi dan Sikap Ilmiah Siswa. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.