PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR

Novalia Ariska, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this research is to describe how the teachers teach science for grade three of Rajabasa elementary school. The research subjects are  six teachers who teached science for grade three of Rajabasa elementary school by using purposive sampling technique. The research data was qualitative data that was obtained from description of teacher’s learning process. Data analysis was gotten from learning activity observation sheet that was compared with process standard, scientific approach and contructivism. The research result show that  science learning that was done by teachers who teach grade three of Rajabasa elementary school is not suit enough with process standard (83,4%), scientific approach (66,7%)  and contructivism (66,7%). Thus, the science learning that was done by teachers who teach grade three of Rajabasa elementary school is not suit enough with those three cases.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA pada kelas III Sekolah Dasar di Rajabasa. Subjek penelitian ini adalah enam guru yang mengajar IPA pada kelas III Sekolah Dasar di Rajabasa menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari deskripsi proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Analisis data diperoleh dari lembar observasi kegiatan pembelajaran yang dibandingkan dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas III pada SD di Rajabasa adalah kurang sesuai dengan standar proses (83,4%), pendekatan IPA saintifik (66,7%) dan konstruktivisme (66,7%). Dengan demikian, pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas III pada SD di Rajabasa adalah kurang sesuai dengan ketiga hal tersebut.

Kata kunci: konstruktivisme, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, profil guru, standar proses

Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Pemerintah RI No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Husamah dan Y. Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kemdikbud. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemendikbud.

Khalifah. 2009. Menjadi Guru yang Dirindu. Surakarta: Ziya Media.

Rochintaniawati, D. 2008. Profil Pembelajaran IPA yang Dilangsungkan oleh Guru Sekolah Dasar di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rokhmatika, S. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Kooperatif Jigsaw Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik. (Skripsi). Surakarta: Univesitas Sebelas Maret.

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.