PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
This study aims to determine the effect of the implementation of STAD cooperative learning model to the students' science process skills. This study was a quasi experimental pretest posttest design with non equivalent group. The samples were VIII1 and VIII4 graders selected from the population by purposive sampling. The data of this research is quantitative and qualitative data. The quantitative data was obtained from the average value of pretest and posttest were statistically analyzed using the U-test and the qualitative data in the form of the observation of students' learning activities are analyzed in a descriptive and questionnaire responses of students to the application of cooperative learning model STAD. The results of this study showed that an increase in students' science process skills in the experimental class with an average gain of 63.30 N-gain was higher than the N-gain control class 50.96.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII4 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U dan data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriftif dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 63,30 lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 50,96.
Kata kunci : aktivitas belajar, KPS, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, STAD
Full Text:
PDFReferences
Farisi, Mohammad. 2007. Struktur Kompetensi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Dan Pengorganisasian Pengalaman Belajar Siswa. (Online). (http://fkip.unila.ac.id/wpcontent/uploads/2014/02/jurnal-portal-3.pdf, Diakses pada 2 Febuari 2014)
Prayitno, M. 2010. Pembelajaran sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja: PT Remaja.
Qadriyah. 2002. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif (Tipe STAD) pada SMP Wahid Hasyim. Malang: Universitas Negeri Malang.
Setiaji, S. 2009. Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Kelas VIII-4SMPMuhammadiyah Surakarta melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif (Tipe STAD) Surakarta: Universitas Muhammadiyah. (Online). (http://etd.eprints.ums.ac.id/7451/1/A420050003.pdf, Diakses pada 1 Febuari 2014)
Soetardjo dan Soejitno. 1998. Proses Belajar Mengajar Dengan Metode Keterampilan Proses. Surabaya.
Sugiyono. 2009. Penilaian Proses hasil belajar Mengajar, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yesica dan Setiawan. 2008. Media Pendidikan: Pengembangan Pembelajaran Sains. Jakarta: Rajawali Perss.
Yunus, H.M. and Hashim, N.H. 2007. Science Process Skills Through English Language Skills Among Year One Pupils. Proceeding of International Conference on Science and Mathematics Education (CosMed). SEAMEO RECSAM Malaysia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.