PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Megasari - Megasari, Arwin Achmad, Pramudiyanti Pramudiyanti

Abstract


This study aimed to know the influence of guided inquiry learning model toward students critical thinking (SCT) skill on living organism characteristic subject matter. This study used design pretest posttest non equivalent. The sample are VII A andVII B class that was elected by using cluster random sampling technique. The quantitative data which obtained was gain which analyzed using t-test at SPSS 17 program. The results showed  increased of to SCT skill which average N-gain of experiment class 29.67 was higher than control class 24.55. The average SCT skill of experiment class was increased on 22.2 %. The average percentage of students learning activitied in all aspects of that observed in experimental class was higher than the class of controls (experiment = 70.72; control = 66.52). Thus it can be concluded that guided inquiry learning model was influenced toward SCT skill on living organism characteristics subject matter as significantly.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VIIB yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif berupa gain yang dianalisis menggunakan uji-tdengan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata gain 29,67 lebih tinggi dari rata-rata gain pada kelas kontrol 24,55. Selain itu, rata-rata indikator KBK siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan 22,2 %. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = 70,72; kontrol = 66,52). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup.

Kata kunci: ciri-ciri makhluk hidup, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

BSNP. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Jakarta: Depdiknas-Dikdasmen.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, E. B. 1992. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center.

Riyanto. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Ubaidillah. 2006. Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Sistem Reproduksi Makhluk Hidup.Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.